Senin, 05 Desember 2011

suspensi

Suspensi salah satu komponen/sistem untuk meredam kejutan getaran kendaraan pada jalan yang tidak rata/gelombang
KOMPONEN SUSPENSI



Shock absorber
Knuck arm
Stabilizer
Lepper arm
Lower arm
Rangka à rigid dan komposid
Spring àdaun,spiral,torsi

System adalah sebuah rangkaian/ kumpulan/langkah-langkah yang saling mendukung untuk menghasilkan unjuk kerja perpormance
System suspensi adalah sebuah rangkaian suspensi yang berguna untuk meredam getaran ban. Akibat jalan yang tidak rata sehingga kendaraan lebih nyaman di kendaraii

GETARAN DAN KWALITAS MENGENDARAI
Dalam subjek getaran dan kwalitas mengendaraii mobil terdapat istilah :
SPRUNG WEIGHT : Berat mobil yang di tumpu oleh pegas suspensi

UNSPRUNG WEIGHT : Berat axle dan bagian-bagian lain yang terletak di antara
roda-roda dan pegas

CATATAN : semakin besar sprung weight semakin baik kwalitas mengendaraii

v Pithcing mobil : getaran yang mengakibatkan ujung depan dan belakang
bergerak di sekitar titik berat dari kendaraan ( mobil )

v Rolling : gerakan mengayun kesamping

v Bouncing : gerakan keatas dan kebawah

SPRING ( PEGAS )
PEGAS DAUN ( LEAF SPRING )
Fungsi :
Untuk mnghubungkan frame dan axle dan juga sebagian bantalan penyerap guncangan yang di timbulkan oleh permukaan jalan

Konstanta pegas :
Sifat bahan berubah bentuk apabila mendapat beban dan kembali ke bentuk semula bila beban di lepas, peristiwa tersebut di sebut elasitas
Besarnya defleki sebanding dengan gaya yang bekerja perbandingan dengan antara gaya yang bekerja dengan defleksi di sebut di sebut “ konstanta pegas “

Coil spring :
Batang baja panjang yang di gulung di bandingkan dengan leaf spring. Coil spring lebih panjang sehingga mempunyai tahanan yang lebih baik terhadap kejutan tidak terdapat gesekan bila terjadi deflexi, sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik.
Col spring tidak memiliki sifat menyerap kejutan yang cukup dan tidak dapat terjamin dengan sendirinya
Konstanta pegas
Apabila gaya yang bekerja = w
Besarnya defleki = A
Tinggi bebas = L
Maka konstanta pegas = W/A

Helper spring :
Adalah pegas tambahan yang di pasangkan di atas pegas utama pada truck dan kendaraan angkatin barang
Helper spring bekerja bersama-sama denga pegas utama, apabila kendaraan mendapat beban di atas jumlah spesifikasi
Hollow spring :
Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang di tengah dan di baut pada bagian atas axle kontrol arm atau pada bagian frame yang terletak di atas saat lubang tertutup pada udara terperangkap pada lubang tersebut berfungsi sebagai pegas hollow spring umumnya di gunakan berbagai pegas tambahan untuk melindungi frame dari benturan pegas

Air suspension :
Bellow yan berisi udara di pasangkan pada di tempat di mana biasanya di tempatkan pegas daun atau pegas ulir.untuk menjamin berat kendaraan aksi penyerapan di hasilkan oleh elasitas udara kompresi di dalam bellow dan ruang udara tambahan. Kekerasan pegas dapat berubah-ubah sesuai dengan beban

JENIS-JENIS SUSPENSI
1. SUSPENSI MODEL RIGID DENGAN PEGAS DAUN
Suspensi model rigid roda-roda terpasang pada satu poros dan di pasangkan ke body melalui pegas
Keuntungan :
Ø Konstruksi sederhana dan kuat
Ø Perubahan tread atauu chamber yang di sebabkan oleh gerakan axle kecil

Kerugian :
Ø Kwalitas mengendarai serta stabilitas kemudi di kurang
Ø Kecenderungan terjadi gerakan horizontal

2.SUSPENSI MODEL INDEPENDEN
1. Pada suspensi model independen roda kiri dan kanan tidak di pasangkan pada satu poros, melainkan pada masing-masing axle, sehingga bekerja sendiri-sendiri dalam menyerap goncangan di sebut knee action
Keuntungan :
Ø Kwalitas mengendarai lebih baik
Ø Memiliki kemampuan singgung jalan yang lebih baik ( road holding )
Kerugian :
Ø Konstruksi rumit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar