Selasa, 11 Oktober 2011

suspensi


Saat melihat daftar mobil, saya membaca istilah “Suspensi”, so wondering for that word, akhirnya saya memperoleh informasi mengenai hal tersebut, mau tahu …
Suspensi mobil adalah komponen yang berada diantara rangka dan roda-roda, dan berfungsi untuk menyerap kejutan-kejutan yang ditimbulkan saat perjalanan, sehingga menimbulkan rasa nyaman.

image

komponen Pegas, pegas disini berguna untuk menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke bodi secara langsung, juga untuk mencegah daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan.

Komponen Strut bar, Strut bar berguna untuk menahan lower arm agar tidak bergerak  mundur pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau dorongan akibat terjadi pengereman

image 

Jenis-jenis Suspensi : 
Menurut konstruksinya ada dua modal utama suspensi, yaitu 
1. Suspensi poros kaku (suspensi rigid) Semula semua suspensi mobil menggunakan model ini, bahkan sekarang pun masih banyak digunakan pada kendaraan berat. Poros kaku (yang tunggal) dihubungkan ke rangka atau bodi dengan pegas (pagas daun atau pegas koil) dan shock absorber Jadi, tidak ada lengan-lengan suspensi seperti pada suspensi independen
image
2. Suspensi bebas (suspensi independen)
Biasanya suspensi independen ini digunakan pada roda mobil penumpang atau truk kecil. Tetapi sekarang suspensi bebas banyak digunakan juga pada roda belakang mobil penumpang. Pada suspensi independen roda-roda kiri dan kanan tidak dihubungkan secara langsung pada poros tunggal. Kedua roda bergerak secara bebas tanpa saling mempengaruhi. Dengan demikian, gangguan terhadap sebuah roda ditanggulangi hanya roda itu saja.

image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar